top of page
  • Writer's picturedarma argra

cara membuat santan kelapa



mungkin banyak cara membuat santan kelapa tua Santan biasanya digunakan sebagai bahan untuk masakan India, Thailand, dan juga Indonesia, serta bisa menjadi bahan tambahan untuk minuman dan makanan penutup. Di luar sana memang ada santan kemasan yang bisa Anda beli. Tapi membuat santan sendiri bukanlah hal yang sulit, terutama di Indonesia yang punya banyak pasokan kelapa yang bisa Anda beli tiap hari. Bacalah panduan di bawah ini untuk mempelajari cara-cara membuat santan.


1. Pilih Kelapa yang Tepat

Tips membuat santan yang pertama adalah memilih kepala merah atau kelapa hijau, yang berumur sedang dan teksturnya keras, untuk menciptakan rasa santan yang nikmat dan segar.

2. Gunakan Air Panas

Agar santan kelapa tetap utuh dan tidak pecah, kamu bisa menuangkan air panas ke kelapa yang sudah di parut. Lalu diamkan selama 5 menit, dan peras parutan kelapa sampai sarinya keluar membentuk santan.


3. Blender Kelapa

Kalau tidak memiliki waktu lama untuk memarut kelapa dan memeras dengan tangan, kamu bisa memasukkan potongan kelapa dan air hangat ke dalam blender. Kemudian saring dan pisahkan ampas kelapa dengan sarinya.


4. Saring dengan Kain

Tips yang selanjutnya adalah menyaring sari kelapa atau santan, dengan menggunakan kain berserat lembut seperti kain kasa, agar hasilnya lebih banyak dan tidak encer, daripada menggunakan saringan yang biasanya.


5. Simpan di Freezer

Tips membuat santan yang terakhir, agar santan lebih awet dan bisa digunakan lagi, masukkan santan ke dalam plastik dan taruh di freezer. Jika ingin digunakan, kamu bisa menghangatkan santan yang sudah membeku.


Santan adalah salah satu bahan untuk memasak yang sering digunakan, terutama untuk memasak masakan khas Indonesia. Santan bisa membuat masakan terasa lebih gurih dan sedap.

Santan memiliki kandungan senyawa nonylmethylketon, yang membuat masakan terasa lebih enak. Santan memiliki kandungan minyak, yang tetap bisa menyatu dengan air karena mengandung zat pengemulsi yang alami.


Masakan yang sering dimasak menggunakan santan adalah gulai, kari, rendang, lodeh, opor dan lain sebagainya. Karena santan bisa mengentalkan kuah masakan dan menjadi pengganti susu.

Santan yang tidak diolah dengan tepat, teksturnya bisa menjadi encer dan rasanya tidak enak. Untuk itu, berikut tips membuat santan kelapa agar utuh, tidak encer dan menyehatkan.


Manfaat Santan untuk Kesehatan

Santan adalah bahan masakan yang dikenal memiliki kandungan yang tinggi lemak, sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol. Padahal santan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kalau mengonsumsi santan dengan batas wajar dan tidak berlebihan.


Santan memiliki kandungan lemak nabati dan zat asam laurat, yang bermanfaat untuk menjaga kolesterol baik di dalam tubuh. Santan juga bisa membantu menahan nafsu lapar, sehingga berat badan tetap terkontrol.


Santan juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena santan mengandung antioksidan, protein dan vitamin yang bisa melawan virus yang menginfeksi tubuh. Bahkan santan juga membantu meningkatkan sistem kinerja otak agar berfungsi dengan baik.


Bahaya makan santan terlalu banyak

Dalam jumlah sedang, santan bisa menawarkan manfaat kesehatan. Namun, makan santan terlalu banyak dapat menimbulkan masalah. Santan mengandung kalori dan lemak yang tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dilansir dari Medical News Today, makan terlalu banyak santan yang juga tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penambahan berat badan. Terdapat karbohidrat yang dapat difermentasi dalam santan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, atau sindrom iritasi usus besar. Beberapa ahli menyarankan agar orang yang memiliki intoleransi FODMAP untuk membatasi konsumsi santan


Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Kenali Efek Samping dan Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan ", Klik untuk baca: https://kesehatan.kontan.co.id/news/kenali-efek-samping-dan-manfaat-santan-kelapa-untuk-kesehatan.


Editor: Tri Sulistiowati

8 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page